Timnas Spanyol Pecat Lopetegui, Xavi Salahkan Real Madrid

INDONESIAPREDIKSI.com – Julen Lopetegui batal mendampingi Spanyol di Piala Dunia 2018 usai dipecat dari posisi pelatih oleh Federasi Sepakbola Spayol (RFEF) hanya sehari sebelum kick-off pertandingan perdana. Pangkal masalahnya adalah penunjukan dirinya sebagai pelatih oleh Real Madrid.

Mantan pemain timnas yang dijuluki La Roja tersebut, Xavi Hernandez, mengkritik langkah Real Madrid yang terburu-buru mengikat Julen Lopetegui. Timnas Spanyol pun dikorbankan.

Timnas Spanyol membuat keputusan mengejutkan. La Furia Roja memecat pelatih, Lopetegui, hanya satu hari menjelang kick-off Piala Dunia 2018.

Kursi kosong pelatih timnas Spanyol itu kemudian diisi oleh Fernando Hierro, yang merupakan direktur teknik di timnas itu. Hierro langsung memimpin latihan di Rusia.

Pemecatan Lopetegui disebut sebagai imbas pengumuman Madrid yang menjadikannya pelatih mulai musim depan. Dia diipercaya sebagai suksesor Zinedine Zidane di El Real.

Xavi, yang tampil 133 kali bersama timnas Spanyol, tak senang dengan keputusan buru-buru Madrid itu.

“Saya bukan orang yang tepat untuk membicarakan soal itu (bergabungnya Lopetegui dengan Madrid). Hanya saja, itu bukan waktu yang ideal dan momen yang tepat,” ujar Xavi kepada Radio Marca dan dilansir Four Four Two.

Xavi mengapresiasi langkah cepat Spanyol untuk mencari pelatih pengganti sesegera mungkin. Dia optimistis Hierro bisa menjaga kestabilan timnas Spanyol.

“Kalian tidak pernah tahu, pemain sudah melihat semua dan pasti, mereka bisa memainkan peran yang bagus di Piala Dunia,” kata Xavi.

“Kepemimpinan tak akan hilang, sebab ada (Sergio) Ramos, (Gerard) Pique, dan (Andres) Iniesta. Di sana dihuni pemain yang sudah siap tempur dan atmosfer yang sip. Ini bukan situasi terbaik, namun di waktu yang sama, ini bisa menyatukan mereka lebih dari sebelumnya,” ujar dia.

Sementara, Usai kabar pemecatan tersebut berhembus, Julen Lopetegui dikabarkan enggan memberikan pernyataan hingga mantan pelatih FC Porto tersebut sampai ke Spanyol.

Namun pada saat di bandara di Kota Krasnodar, Rusia, Julen Lopetegui mengatakan bahwa ia sangat sedih dengan pemecatan ini.

“Saya sangat sedih, tetapi berharap bahwa kami (timnas Spanyol) memiliki Piala Dunia yang luar biasa dan memenangkannya.”Lopetegui kepada Cadena SER dan COPE di bandara di Krasondar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nonton Movie