Jepang vs Polandia: Harapan Terakhir Asia Lolos 16 Besar di Rusia

INDONESIAPREDIKSI.com – Sejak edisi 2002 belum pernah ada negara Asia yang mampu menembus babak delapan besar di Piala Dunia. Saat ini asa benua kuning terpanggul di pundak Jepang. Dari lima kontestan Piala Dunia 2018, empat sudah masuk kotak. Arab Saudi (Grup A), Iran (B), Australia (C), dan Korea Selatan (F) gagal bersaing dengan tim-tim lain di grupnya.

Hanya Jepang yang masih bertahan dan punya peluang cukup besar untuk lolos ke babak berikutnya. Saat ini di Grup H, skuat besutan Akira Nishino itu bahkan memuncaki klasemen sementara dengan nilai 4, hasil satu kemenangan dan satu seri.

Tiket babak 16 besar akan diraih apabila malam ini (28/6) Jepang minimal bermain imbang dengan Polandia, yang sudah dipastikan terdepak. Namun mereka rupanya tetap bertekad membidik kemenangan.
Jepang vs Polandia: untuk Asia yang Lebih Lantang Bicara di Rusia
“Tentu saja kami menargetkan lolos. Kami telah membangun kepercayaan diri dari dua laga sebelumnya. Motivasi kami tinggi. Para pemain yang belum tampil sangat ingin beraksi pula,” tukas bek yang bermain untuk klub Southampton, Maya Yoshida.

Selain kepercayaan diri, modal lain Jepang untuk meredam Polandia adalah rekor pertandingan mereka. Dari dua pertemuan sebelumnya, Jepang selalu berhasil menundukkan tim Eropa timur tersebut: 5-0 di tahun 1996 dan 2-0 di 2002.

Jepang tak pernah absen bermain di Piala Dunia sejak 1998. Namun, mereka tak pernah bisa bertahan lebih dari babak 16 besar, yang menjadi pencapaian terbaiknya di edisi 2002 dan 2010.

Pun dengan negara-negara Asia yang lain. Semenjak Korea Selatan menembus babak semifinal 2002, belum ada lagi wakil Asia yang mampu masuk perempatfinal, alias mentok di babak 16 besar.

Jika Jepang berhasil lolos dari fase grup, lawan mereka di putaran kedua adalah Inggris atau Belgia. Bagaimana peluang mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nonton Movie