Ini Dosa-dosa Conte yang Bikin Dirinya Dipecat Chelsea

INDONESIAPREDIKSI.com – Chelsea resmi memecat Antonio Conte pada Jumat (13/7/2018). The Blues memberhentikan manajer yang sudah menyumbang trofi Liga Inggris dan Piala FA dalam dua musim pertamanya. Dua trofi selama dua musim nyatanya tak cukup buat pemain Juventus tersebut bertahan di Chelsea. Lantas apa penyebab manajer Italia itu sampai dipecat?

Masa depan Conte mulai dispekulasikan sejak awal musim lalu, usai The Blues gagal mempertahankan penampilannya sebagai juara bertahan. Seiring itu, masalah internal mulai muncul yang dinilai menyulitkan situasi Conte sendiri.

Dikutip media-media Inggris, masalah memang muncul di musim 2017/2018. Setelah kebijakan transfernya tidak bagus, hubungan Conte dan striker Diego Costa justru retak. Meski sukses membantu menjuarai Liga Inggris di musim pertama Conte, Costa didepak di musim kedua sang manajer.

Conte sendiri menyingkirkan Costa dengan cara yang cukup menyakitkan yakni memberitahunya hanya lewat pesan singkat. Hal itu yang dinilai menjadi awal ketidaksukaan manajemen dengan sikap Conte.

Selain itu, metode kepelatihan Conte sendiri mendapat penolakan. Beberapa pemain inti diklaim mengeluhkan cara melatih Conte yang dikenal keras dan menguras fisik.

Conte juga memperlihatkan rasa frustrasinya musim ini. Hal itu kerap terlihat, seperti ribut-ributnya dengan Jose Mourinho di Januari lalu contohnya. Dan rentetan hasil pertandingan yang tak konsisten dari Eden Hazard dkk menjadi buah dari masalah Conte di Chelsea. Sampai akhirnya, ia dipecat dari jabatannya di Stamford Bridge.

Selanjutnya, Chelsea disebut-sebut akan menunjuk Maurizio Sarri sebagai pengganti Conte. Eks pelatih Napoli itu kabarnya siap diumumkan dalam waktu dekat.

Sembilan Kali Pecat Manajer, Chelsea Buang-buang Duit Rp 1,6 T

Chelsea melakukan sembilan kali pemecatan manajer di era Roman Abramovich. Jika ditotal, The Blues sudah mengeluarkan biaya kompensasi sekitar Rp 1,6 triliun.

Chelsea baru saja memecat Antonio Conte. Pria Italia itu menjadi manajer kedelapan yang dipecat, dari sembilan pemecatan yang dilakukan The Blues, di mana Jose Mourinho merasakannya dua kali.

Conte diberhentikan sebagai manajer dengan sisa kontrak satu tahun. Untuk itu, Si Biru harus mengganti biaya kontraknya yang tersisa sebesar 9 juta pound sterling.

The Sun mencatat, Si Biru rupanya sudah banyak mengeluarkan dana untuk ganti rugi kontrak manajer-manajernya yang didepak. Berapa jumlahnya?

Dana kompensasi terbesar yang dibayar Chelsea jatuh kepada Mourinho, ketika dipecat pada 2007 atau di periode pertama kepelatihannya Ia mendapat kompensasi sebesar 18 juta pound sterling. Adapun pemecatan kedua Mourinho pada 2015 diganti dengan dana 9,5 juta pound sterling.

Terbesar kedua didapat Luiz Felipe Scolari dengan dana 12.6 juta pound sterling, diikuti Andres Villas-Boas (12 juta), Roberto Di Matteo (10.7 juta), Mourinho (9.5 juta), Conte (9 juta), Ancelotti dan Claudio Ranieri (6 juta) dan terakhir Avram Grant (5,5 juta).

Jika ditotal, Chelsea sudah mengeluarkan dana kompensasi sebesar 89,3 juta pound sterling atau mencapai Rp 1,6 triliun. Angka itu setara harga beli Paul Pogba, saat ditebus Manchester United dari Juventus pada 2016.

Biaya kompensasi eks manajer Chelsea (dalam pound sterling)

Jose Mourinho (September 2007) – 18 juta
Luiz Felipe Scolari (Februasi 2009) – 12.6 juta
Andre Villas-Boas (Maret 2012) – 12 juta
Roberto Di Matteo (November 2012) – 10.7 juta
Jose Mourinho (November 2015) – 9.5 juta
Antonio Conte (Juli 2018) – 9 juta
Carlo Ancelotti (Mei 2011) – 6m
Claudio Ranieri (Juni 2004) – 6 juta
Avram Grant (Mei 2008) – 5.5 juta

Total 89,3 juta pound sterling atau mencapai Rp 1,6 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nonton Movie