Collina: Ada Perubahan Aturan Offside di Piala Dunia 2018

INDONESIAPREDIKSI.com – Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, mengungkapkan bahwa akan ada sedikit perubahan aturan dalam hal off-side pada gelaran Piala Dunia 2018 walaupun tidak akan mengubah definisi seperti yang telah dikenal sebelumnya.

Hanya saja akan ada sedikit perubahan dalam hal cara pandang dan bagaimana asisten wasit untuk menentukan tindakan.

Dalam acara jumpa pers wasit Piala Dunia 2018, Pierluigi Collina mengatakan bahwa para asisten wasit telah diinstruksikan untuk tidak mengangkat bendera tanda terjadinya off-side jika situasinya 50-50.

Pierluigi Collina menjelaskan bahwa hal ini dilakukan untuk tidak menghentikan pertandingan dan membuang peluang terciptanya gol karena jika bendera berkibar, wasit utama akan menghentikan laga.

Jika terjadi perdebatan soal telah terjadinya off-side sebelum gol tercipta, keputusan mengenai sah atau tidaknya hal itu akan ditentukan oleh wasit utama dengan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) yang baru pertama kali digunakan di ajang Piala Dunia.

“Jika Anda melihat beberapa asisten wasit tidak mengibarkan bendera, itu bukan karena dia telah membuat kesalahan melainkan untuk menghormati instruksi untuk tidak melakukannya,” ucap Pierluigi Collina seperti dikutip IndonesiaPrediksi dari Sky Sports.

Teknologi VAR resmi digunakan pada Piala Dunia 2018. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu kinerja wasit dalam mengambil keputusan agar tidak merugikan tim tertentu.

Penggunaan VAR tersebut akan menjadi sejarah karena kali pertama digunakan pada Piala Dunia. Sejauh ini, VAR masih menuai kontroversi. Namun, Collina yakin kalau penggunaan VAR dapat menjadi solusi untuk mendapatkan hasil pertandingan yang adil pada Piala Dunia 2018.

Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan pada bulan Maret bahwa VAR akan digunakan di Rusia, sebagaimana telah digunakan di Liga Jerman dan Liga Italia semusim terakhir, serta diujicoba di beberapa pertandingan piala domestik Inggris musim lalu.

Tim VAR, didampingi wasit top yang masih aktif saat ini atau pensiunan wasit, akan memeriksa keputusan tentang empat jenis insiden:

Gol, termasuk terjadinya pelanggaran selama proses terjadinya serangan yang ‘tidak terlihat’ wasit;
– Pemberian penalti, termasuk adanya pelanggaran selama proses terjadinya serangan;
– Kartu merah langsung;
– Kasus kesalahan identitas di mana kartu merah atau kartu kuning diberikan kepada pemain yang salah.
– Wasit akan menerima informasi dari tim VAR melalui earphone di telinganya. Prosedur ini ditempuh untuk fakta-fakta obyektif, seperti apakah seorang pemain offside.

Untuk keputusan yang lebih subyektif seperti kartu merah dan pemberian penalti, wasit dapat meninjau rekaman itu di sebuah monitor televisi sebelum memutuskan apakah akan mengubah keputusan awalnya.

Replay insiden melalui VAR juga akan ditampilkan di layar besar selama laga Piala Dunia dan penonton juga akan diberi tahu saat sebuah keputusan sedang dalam peninjauan dan mengapa sebuah keputusan diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nonton Movie